Mata Kuliah MICE (DMH3B3) di Program Studi D3 Manajemen Pemasaran Fakultas Ilmu Terapan masuk pada semester 5 Kurikulum 2016 dan merupakan salah satu mata kuliah wajib diantara 38 mata kuliah wajib lainnya, mata kuliah ini merupakan salah satu mata kuliah yang memberikan ciri khas agar mahasiswa dan lulusan memiliki kemampuan spesifik dalam Industri MICE : Untuk memiliki kemampuan mengimplementasikan penyelenggaraan MICE sebagai bagian dari kegiatan pemasaran perusahaan, perencanaan Event MICE, perancangan Event MICE, praktik Penyelenggaraan Event MICE dan mampu bergerak dalam Bisnis Industry MICE
Mata Kuliah MICE ini mengungkapkan dan menjelaskan tentang dasar-dasar pengetahuan dan pemahaman mengenai Meeting Incetive Convention Exhibition (MICE) sebagai landasan pengetahuan, keterampilan, sikap dan perilaku dalam mengembangkan kemampuan di bidang industry MICE dan memberi pengalaman serta wawasan terkait dengan upaya pemasar
# | Topic | Duration ( Day ) |
---|---|---|
1 | Bab 1 Pengertian dan istilah dalam usaha jasa MICE | 7 |
2 | BAB 2 dasar penyelenggaraan mice | 7 |
3 | BAB 3 Usaha Jasa Pertemuan, Konverensi, Konvensi (Meeting, Conference, Convention) | 7 |
4 | Bab 4 Usaha Jasa Perjalanan Insentif (Incentive Travel) | 7 |
5 | BAB 5 Usaha Jasa Pameran (Exhibition) | 7 |
6 | Bab 6 Penyelenggaraan mice | 7 |
7 | Bab 7 Promosi, Pemasaran dan Sponsorship Organizing | 7 |
8 | Bab 8 Kepesertaan MICE | 7 |
9 | Bab 9 WISATA MICE | 7 |
10 | Bab 10 BUDGETTING & LAPORAN PERTANGGUNG JAWABAN MICE | 7 |
11 | Bab 11 ASPEK HUKUM DAN ETIKA MICE | 7 |
12 | Bab 12 SUMBER DAYA MANUSIA DAN DUKUNGAN STAKEHOLDER | 7 |
13 | Bab 13 POTENSI INDUSTRI MICE INDONESIA | 7 |
14 | Bab 14 PELAKSANAAN EVENT MICE | 7 |
Jelaskan Pengertian Meeting, Incentive, Convention dan Exhibition secara spesifik berdasarkan Pemahaman Saudara!. Berikan contoh pada masing-masing jawaban Saudara !
a. Meeting
b. Incentive
c. Convention
d. Exhibition
TUGAS 2 / ASSIGNMENT 2
Dasar Penyelenggaraan MICE
Anda diminta untuk menjelaskan kemampuan dasar sebagai penyelenggara acara MICE sangat membutuhkan Sumber Daya Manusia yang cakap dalam melaksanakan dan mengawasi Event.
Beri penjelasan secara lengkap dan disertai dengan contoh dari masing2 kegiatan tersebut
Tugas dikerjakan dalam bentuk laporan/makalah
TUGAS 3 / ASSIGNMENT 3
Usaha Jasa Pertemuan, Konverensi, Konvensi (Meeting, Conference, Convention)
Menurut penjelasan dari The Educational Institute of the American Hotel and Motel Association, Meeting terdiri dari beberapa jenis, uraikan setiap jenis dari meeting tersebut, dan berikan contoh-contoh kegiatan perusahaan dari setiap jenis tersebut
Tugas dibuat dalam bentuk laporan/makalah
TUGAS 4 / ASSIGNMENT 4
Usaha Jasa Perjalanan Insentif (Incentive Travel)
Perjalanan Insentif merupakan bentuk kegiatan yang dilakukan suatu perusahaan dengan membuat kegiatan guna memacu pencapaian target perusahaan tersebut.
Biasanya berhubungan dengan penjualan (sales) produk atau jasa mereka, contohnya seperti :
· Family gathering, rapat sambil berekreasi, bonus hadiah perjalanan wisata, dan lain-lain.
· Distributor atau dealer agar pencapaian penjualan terpenuhi, dalam bentuk bonus perjalanan wisata, dan lain-lain.
· Pemasok (suppliers) untuk peningkatan kerja sama.
· Pelanggan (customers) agar tetap loyal terhadap produk atau jasa mereka.
Anda diminta membuat perencanaan kegiatan perjalanan incentive untuk para Distributor atau dealer agar pencapaian penjualan terpenuhi, dalam bentuk bonus perjalanan wisata secara lengkap mulai dari biaya, acara, keberangkatan sampai dengan evaluasi penyelenggaraan
Tugas dibuat dalam bentuk laporan/makalah
TUGAS 5 / ASSIGNMENT 5
Usaha Jasa Pameran (Exhibition)
Berdasarkan jenis barang dan konten yang dipamerkan dan menjadi trend sekarang terdiri antara lain :
· Industrial Shows,
· Trade Shows,
· Profesional / Scientific Shows,
· Military & Defence Shows,
· Arts & Culture Shows
Anda diminta menjelaskan secara rinci jenis pameran seperti diatas, dan beri contoh setiap jenis pameran tersebut
Tugas dibuat dalam bentuk laporan/makalah
TUGAS 6 / ASSIGNMENT 6
Penyelenggaraan mice
Lingkup wilayah kerja dan tanggung jawab penyelenggaraan MICE
· Penyandang dana.
· Pelaksana
· Penampil.
· Penonton.
· Pengamat.
Anda diminta untuk menjelaskan wilayah kerja dan tanggung jawab penyelenggaraan MICE seperti diatas, dan masing-masing beri contoh
Tugas dibuat dalam bentuk laporan/makalah
TUGAS 7 / ASSIGNMENT 7
Promosi, Pemasaran dan Sponsorship Organizing
Publikasi dan promosi dalam penyelenggaraan event adalah kegiatan yang paling penting.
Dengan adanya promosi yang direncanakan dengan baik, tujuan untuk menarik minat calon peserta dan mendatangkan pengunjung/pembeli yang sesuai dapat dipenuhi
Anda diminta untuk membuat Iklan suatu event (Silahkan pilih sendiri jenis event yang anda sukai)
Iklan berupa : Billboard, Spanduk, Giant Banner, Katalog, Brosur/ selebaran
Tugas dibuat dalam bentuk laporan/makalah
TUGAS 8 / ASSIGNMENT 8
Kepesertaan MICE
Anda diminta untuk membuat ide dan konsep kepesertaan MICE, yang terdiri dari :
1. Agenda kegiatan
2. Bentuk kegiatan
3. Skala kegiatan
4. Durasi kegiatan
5. Acara
6. Biaya/anggaran kegiatan
7. Peralatan dan perlengkapan
8. K3 (Kesehatan, Keamanan, dan Keselamatan)
9. Teknologi
10. Event
11. Akomodasi
12. Konsumsi
13. Promosi
14. Publikasi
Uraikan ide dan konsep secara lengkap
Tugas dibuat dalam bentuk laporan/makalah
TUGAS 9 / ASSIGNMENT 9
WISATA MICE
Anda diminta untuk membuat sarana dan prasarana wisata MICE
Uraikan sarana dan prasarana wisata MICE dimaksud secara lengkap dan berikan contoh kongkrit
Tugas dibuat dalam bentuk laporan/makalah
TUGAS 10 / ASSIGNMENT 10
BUDGETTING & LAPORAN PERTANGGUNG JAWABAN MICE
Pada umumnya biaya yang dikeluarkan perusahaan setiap ada kegiatan. Meliputi kebutuhan-kebutuhan sekunder yang perlu diadakan, antara lain :
– Biaya Promosi
– Biaya Humas/Publikasi
– Konstruksi dan Instalasi
– Tiket/akomodasi panitia
– Tiket/akomodasi
– Atribut Penyelenggara, misalnya: Name badge/Tag, certificate
– Souvenir
– Honorarium panitia
– Site inspection
– Seragam (Uniform)
– dan lain-lain
Anda diminta untuk membuat rencana anggaran biaya (RAB) dimaksud secara lengkap dan berikan contoh kongkritnya
Tugas dibuat dalam bentuk laporan/makalah
TUGAS 11 / ASSIGNMENT 11
ASPEK HUKUM DAN ETIKA MICE
Anda diminta untuk membuat company profile perusahaan yang bergerak dibidang MICE, secara lengkap termasuk portopolio yang telah dilakukan oleh perusahaan
Tugas dibuat dalam bentuk laporan/makalah
TUGAS 12 / ASSIGNMENT 12
SUMBER DAYA MANUSIA DAN DUKUNGAN STAKEHOLDER
Kriteria dukungan stakeholder lokal memiliki 3 (tiga) indikator yang dapat membantu terciptanya sebuah destinasi MICE antara lain:
· Asosiasi Profesi dan Industri
· Destination Marketing Organization (DMO)
· Pemerintah Daerah
Uraikan secara rinci ketiga indikator tersebut dan berikan contoh
Tugas dibuat dalam bentuk laporan/makalah
TUGAS 13 / ASSIGNMENT 13
POTENSI INDUSTRI MICE INDONESIA
Anda diminta untuk mencari kegiatan MICE di Indonesia yang dapat mendukung pertumbuhan ekonomi kreatif. Uraikan data secara lengkap
Tugas dibuat dalam bentuk laporan/makalah
TUGAS 14 / ASSIGNMENT 14
PELAKSANAAN EVENT MICE
Anda diminta untuk membuat event MICE, Anda boleh memilih salah satu Event, apakah Meeting (seminar), Incentive, Conference, Exhibition
Dalam pelaksanaan , anda harus membuat konsep perencanaan terlebih dahulu, seperti :
1. Perencanaan kegiatan
2. Menentukan Tema
3. Perencanaan Biaya
4. Sponsorship
5. Penyelenggaraan Event (Termasuk semua kebutuhan event)
6. Evaluasi event
Tugas dibuat dalam bentuk laporan/makalah
Sorry this content is locked and unavailable for viewing