Menghadapi era Industri 4.0 dan sosiety 5.0 di mana komputer, IoT, Big Data dan AI hadir di semua aspek kehidupan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia mencanangkan pentingnya penguasaan 6C (Creativity, Critical Thinking, Collaboration, Communication, Computational Thinking dan Compassion). 6C perlu ditumbuhkan sejak usia dini, agar pada usia kerja, SDM Indonesia sudah berbudaya digital, apapun profesinya.
Inilah yang mendasari lahirnya Gerakan PANDAI, yang bertujuan mengenalkan Computational Thinking (CT) dan Tantangan Bebras sebagai salah satu wahana berlatih CT kepada para guru dan siswa pendidikan dasar dan menengah. Gerakan ini dilaksanakan oleh Biro Bebras, dengan dukungan penuh dari Bebras Indonesia dan Google.org.
Program ini bertujuan untuk mengenalkan Computational Thinking (CT) dan Tantangan Bebras sebagai salah satu wahana berlatih CT dengan cara menyenangkan dan membebaskan siswa dari sekat-sekat berpikir sebuah mata pelajaran saja, dengan harapan dapat memberikan ide, bagaimana mengintegrasikan CT ke dalam mata pelajaran.
# | Topic | Duration ( Day ) |
---|---|---|
1 | HARI KE-1 (16 OKTOBER 2021): COMPUTATIONAL THINKING (BERPIKIR KOMPUTASIONAL) -- CERTIFICATE 1 | 1 |
2 | BAHAN BERLATIH CT UNTUK GURU | 1 |
3 | HARI KE-2 (23 OKTOBER 2021): CT Unplugged dan CT resources -- CERTIFICATE-2 | 1 |
4 | HARI KE-3 (30 OKTOBER 2021): MICROTEACHING -- CERTIFICATE 3 | 1 |
5 | BERLATIH CT: Tantangan Bebras - Tingkat Si Kecil (sampai dengan SD kelas 3) | 1 |
6 | BERLATIH CT: Tantangan Bebras - Tingkat Siaga (SD 4-6) | 1 |
7 | BERLATIH CT: Tantangan Bebras - Tingkat SMP | 1 |
8 | BERLATIH CT: Tantangan Bebras - Tingkat SMA | 1 |
9 | DISKUSI DAN TUTORIAL: RENCANA PEMBELAJARAN | 1 |
10 | TOPIK-2: COMPUTATIONAL THINKING UNPLUGGED | 1 |
11 | TOPIK-3: BERBAGAI RESOURCE COMPUTATIONAL THINKING | 1 |
12 | IMPLEMENTASI: MICROTEACHING | 2 |
Sorry this content is locked and unavailable for viewing