COVID-19 dan kebijakan PSBB membuat institusi pendidikan seperti halnya Telkom University melakukan kegiatan Work From Home (WFH) dan Study From Home (SFH). Dalam kegiatan WFH dan SFH itu, perlu dukungan teknologi conferencing untuk kegiatan meeting dan webinar. Intensitas kebutuhan conferencing terutama menggunakan teknologi ZOOM cloud meeting semakin meningkat. Pola layanan zoom yang terpusat membuat ketergantungan akan host juga terpusat. Untuk meningkatkan fleksibilitas kegiatan meeting dan webinar termasuk pengajaran dan sidang akademik, dirasarakan perlu agar tenaga penunjang akademik dapat memainkan peran sebagai operator ZOOM baik untuk kegiatan meeting, webinar, dan perkuliahan.
Kampus Telkom university memanfaatkan kejadian dan pandemi COVID-19 sebagai opportunity untuk meningkatkan brand-image dan sharing Telkom University di Masyarakat melalui kegiatan Webinar. Hampir semua fakultas melakukan webinar series. Kebutuhan akan SDM yang menguasai webinar berbasis Teknologi Zoom Cloud semakin tinggi baik di tingkat universitas dan unit kerja, maupun di fakultas dan kelompok keahlian.
Berdasarkan pertimbangan tersebut, perlu dilakukan pelatihan zoom untuk Tenaga Penunjang Akademik di Telkom University sebagai upgrade kompetensi TPA ke ranah teknologi informasi. Dengan bekerjasama dengan Unit Bagian Pengembangan SDM, dilakukan kegiatan pelatihan teknis sebagai operator zoom di Telkom University yang melibatkan sekitar 80an peserta. Pelatihan dilaksanakan tanggal 5 dan 8 Juni tahun 2020. Peserta pelatihan mendapatkan sertifikat pencapaian kompetensi dengan terlebih dahulu lulus post tes yang dilakukan secara online.